Selasa, 15 Maret 2011

PROPOSAL PENDIRIAN TADRIBUD DUAT MA'HAD DAR EL IMAN PADANG


No.           : 01./MTD/Yysn –DI/Maret/2011.

Hal            : Mohon Bantuan
Lamp        : Proposal bantuan Tadribud duat.
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Kaum Muslimin dan Muslimat
Di       -       Tempat.
Assalamu’alaikum Warahmatullahi wabarakatuh
Terlebih dahulu kami doakan semoga bapak /Ibu kaum muslimin dan muslimat selalu berada dalam keadaan sehat wal’afiat dan selalu berada dalam keadaan sehat wal’afiat, Amin Ya Robbal’alamin.
Keberadaan para dai ditengah-tengah umat adalah hal yang sangat dibutuhkan , dengan adanya mereka dakwah Islam tersebar luas diseluruh penjuru dunia, namun  keberadaan mereka mesti dibekali dengan ilmu yang cukup , manhaj yang jelas, sehingga dakwah yang mereka sebarkan tegak dan berdiri diatas Ilmu.
Oleh karena itu untuk mewujudkan hal tersebut, maka yayasan dar el Iman Padang membuat suatu program yang diberi nama Ma’had darel Iman Lita’hilil du’at.(program pembinaan para da’i) ma’had dar el Iman.
Demi terwujudnya ma’hat tersebut dan kelancaran proses belajar mengajarnya, maka kami mengetuk hati kaum muslimin/muslimat untuk ikut  berpatisipasi mensukseskan program ini , yang merupakan bagian dari dakwah. Dengan menyalurkan Infaq, sedekahnya. Atau apa saja yang bisa disumbangkan untuk kelancaran program ini. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca sebagaimana terlampir dalam proposal
Demikianlah Permohonan ini , semoga Allah membalasi setiap kebaikan bapak dengan balasan yang berlipat ganda. Amin ya Robbal ‘alamin.
Padang 5 Maret 2011.

Pengurus yayasan darel Iman Padang.                   Pimpinan ma’had tadribud du’at.



Muhammad Elvi Syam LC.MA.                                    Faisal Abdurrahman LC.


1.       Latar belakang berdirinya.
Sesungguhnya dakwah merupakan suatu ibadah yang sangat mulia disisi Allah Subhanahu wata’ala, dengan dakwah islam tersebar luas dan melalui dakwah juga banyak orang yang berada pada kejahilan berubah menjadi orang-orang yang berilmu, melalui dakwah cahaya kebenaran semakin terang dan bersinar dan semakin gelap cahaya kebatilan , hal ini sebagaimana firman Allah subhanahu wata’la dalam surat al-isra’ ayat 81 :
 “وقل جاء الحق وزهق الباطل إن الباطل كان زهوقا"
Artinya :” dan katakanlah : telah datang kebenaran dan telah lenyap yang bathil sesungguhnya kebatilan itu pasti lenyap”
Dakwah merupakan sebaik-baik perkataan.hal ini sesuai dengan firman Allah taala :
 " ومن أحسن قولا ممن دعا إلى الله وعمل صالحا و قال إنني من المسلمين "
Artinya : “ siapakah orang yang lebih baik perkataannya dari orang-orang yang menyeru kejalan allah , dan dia beramal sholeh seraya mengatakan sesungguhnya aku adalah dari orang-orang yang berserah diri” (Q.S Fusshilat ayat 33)
Dakwah adalah tugas para rasul yang  diwariskan kepada para ulama, karena para Nabi dan rasul tidaklah  mewariskan dinar dan dirham kepada umatnya akan tetapi mereka mewariskan  ilmu sebagai modal utama dakwah.
Orang-orang yang mengajak umat dan menyeru kejalan Allah ini akan mendapatkan kemenangan dan keberuntungan yang besar, hal ini sebagaimana firman allah yang berbunyi :
ولتكم منكم أمة يدعون إلى الخير ويأمرون بالمعروف وينهون عن المنكر و أولئك هم المفلحون "
Artinya : dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebaikan dan mencegah kepada kemungkaran dan itulah orang-orang yang beruntung. ( Q.s Ali imran ayat 104)
Orang-orang yang menyeru dan mengajak kepada Islam, akan mendapatkan ganjaran yang besar disisi Allah, demikian sebaliknya bagi orang-orabg yang mengajak kepada kebatilan,   akan dapat siksa, hal ini sebagaimana sabda Rasululullah Shallallahu’alahi wasallam :
من دعا إلى هدى كان له من الأجري مثل أجور من تبعه لا ينقص ذلك من أجورهم شيأ, ومن دعا إلى ضلالة كان
عليه من الإثم مثل أثام من تبعه ,لا ينقص ذلك من أثامهم شيأ " رواه الإمام مسلم في صحيحه
Artinya :” barang siapa yang mengajak kepada petunjuk maka dia akan dapat pahala seperti pahala orang yang mengikutinya tampa mengurangi pahalanya sedikitpun, barang siapa yang mengajak kepada kesesatan , maka dia akan mendapatkan dosa seperti dosa orang yang mengikutinya tampa mengurangi dari dosanya sedikitpun.(H.R Muslim dalam Shahihnya)
    
Dari dalil-dalil diatas jelaslah bagi kita bahwa persoalan dakwah adalah persoalan yang sangat urgen untuk kita perhatikan, karena banyaknya keutamaan-keutamaannya dan tingginya kedudukannya dalam Islam.

Bila kita lihat kenyataan umat sekarang ini, khususnya orang-orang yang terlibat dalam dunia dakwah, mereka adalah para muballigh dan para da’i  yang merupakan penyuluh dan penerang umat ini, kebaikan umat sangat terkait dengan dakwah yang mereka berikan, apabila dakwah yang mereka berikan itu benar dan sesuai dengan yang diajarkan Rasulullah maka benarlah  dan selamatlah umat akan tetapi ketika dakwah tersebut jauh dari ilmu, maka sia-sialah dakwah tersebut yang tidak akan membuahkan hasil yang baik.
Kenyataan yang terjadi adalah bahwa banyak dari para dai yang tidak mendasari dakwahnya dengan ilmu, mereka hanya pandai beretorika didepan podium , tidak punya konsep yang jelas dalam dakwah, disamping itu, bekal mereka dalam berdakwah sangat kurang ,mereka tidak paham dengan alquran dan sunnah, jangankan faham, malahan membaca saja belum benar,  dampak yang timbul adalah tidak membekasnya ajaran islam yang Shahih dalam diri kaum muslimin, bid’ah jadi sunnah dan sunnah jadi bid’ah ,dakwah dijadikan ajang komoditi sebagai perekonomian sehingga keadaan umat semakin terpuruk dan parah . walaupun ada dai yang mempunyai konsep yang shahih dan benar dalam dakwah akan tetapi jumlah mereka sangat minim sekali , dapat dihitung dengan jari, sementara kebutuhan terhadap dakwah kepada yang hak sudah semakin mendesak dan pemahaman-pemahaman yang menyimpang dalam islam sudah semakin banyak, yang susah membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

Oleh Karena itu melihat persoalan diatas sangat diperlukan satu wadah untuk mempersiapkan kader-kader para dai yang berdakwah diatas manhaj yang shahih yang disertai bekal yang cukup dan berusaha untuk mengarahkan umat kepada jalan yang lurus, sebagai antisipasi munculnya para dai- dai yang tidak memperhatikan ilmu dalam dakwahnya , maka yayasan Dar el –Iman punya niat dan tekad untuk mewujudkan wadah itu dengan nama “Ma’had dar el Iman lita’hilid duat “ (program pembinaan dai ma’had dar el-Iman).sehingga   membuka kesempatan  dan peluang untuk Para pemuda Sumatera barat khususnya dan masyarakat Indonesia secara umumnya untuk menimba Ilmu di ma’had tadribud duat darel Iman, yang insya Allah akan dibuka dalam waktu dekat ini sebagaimana terlampir dalam proposal ini.

2.      Tujuan didirikannya Tadribud du’at.
·         Membina dan Membentuk Kader kader dai yang mempunyai manhaj da’wah yang shahih
·         Menebarkan Ilmu dan pemahaman Islam yang Ilmiyah.
·         Membekali dai dengan Ilmu –Ilmu alat yang digunakan dalam dakwah.
·         Mempunyai kemampuan menjelaskan sebagian kitab-kitab para ulama, dalam berbagai bidang ,seperti : aqidah, fiqh, hadist, tafsir Dan lain-lain. 
3.      Target.
·         Hafal alquran 4 Juz
·         Hafal Kitab tauhid .kitab Ushulus tsalasah, 
·         Hafal Kitab hadist Umdatul ahkam.
·         Faham fiqh2 Ibadah dan muamalah.
·         Mengerti nahu sharaf.
·         Faham ilmu tafsir dan tafsir alquran.
·         Bisa khutbah ,ceramah , menulis makalah ilmiyah.
4.      Lama pendidikan/kurikulum pendidikan.
Adapun lama pendidikan adalah dua tahun yaitu 4 semester ditambah 1 semester untuk praktek lapangan.
Adapun materi pelajarannya diambil dari referensi yang mu’tabar dari kitab para ulama rincian sebagai berikut. Alquran karim : 1 juz/semester, tafsir,Ilmu tafsir, musthalah hadist, hadist, Aqidah,  Fiqh,ushul fiqh, fiqh dakwah, nahu, akhlak. Sharaf, khitobah, kitabah.

Adapun rinciannya sebagai berikut :
Semester 1.
Mata kuliah
Jumlah jam (SKS)
Buku muqarrar
Tahfiz/tahsin alquran
2 sks
Alquran –Juz Amma.
Ulumul tafsir
2 sks
mabahis fi ulumul quran.
Hadist arba’in
4 sks
Beserta syarah.
Musthalah hadis
2 sks
Nukhbatul fikri
Aqidah
4 sks
Ushulus tsalasah – syarah.syaikh sholeh fauzan.
Nahu/sharaf
4 sks
Nahul wadhih lil mutawassh
Adab dan akhlak.
2 sks
Syarah hilyatu talibil ilmi, suul khuluq.
Jumlah                                 20 sks
 Semester 2.
Mata kuliah
Jumlah jam (SKS)
Buku muqarrar
Tahfiz/tahsin alquran
2 sks
Alquran
Tafsir
2 sks
Aisar Juz ‘amma.
Hadist
4 sks
matan umdatul ahkam
Musthalah hadis
2 sks
Taisir ulumul hadist – amar abdul mun ‘im.
Aqidah
4 sks
Syarah Ushulus tsalasah.   Dan Kitab Tauhid.
Nahu/sharaf
4 sks
Nahul wadhih
Fiqh
2 sks
Mulakkhas fiqhi – fiqh muamalah.
Jumlah                                 20 sks

Semester 3.
Mata kuliah
Jumlah jam (SKS)
Buku muqarrar
Tahfiz/tahsin alquran
2 sks
Alquran  
Tafsir
2 sks
Aisaru tafasir
Hadist
4 sks
Syarah umdatul ahkam
Ushul fiqh
2 sks
Al-ushul fi ilmi ushul
Aqidah
4 sks
 Kitab tauhid, Fathul majid
Nahu/sharaf
4 sks
Nahul wadhih
Ilmu faraid.
2 sks

Jumlah                                 20 sks

Semester 4
Mata kuliah
Jumlah jam (SKS)
Buku muqarrar
Tahfiz/tahsin alquran
2 sks
Juz 2
Tafsir
2 sks
Aisaru tafasir- surat yusuf
Hadist
4 sks
syarah umdatul ahkam
Khithobah/muhadharah
2 sks
Latihan Pidato/ khutbah.dan ceramah.
Aqidah
4 sks
Fathul majid
Nahu/sharaf
2 sks
Nahul wadhih
Insya’ maqalah MauDhuiyyah.
2 sks.
Membuat makalah-makalah ilmiyyah.
Fiqh dakwah
2 sks
Muqawwimad addaiyah fidda’wah Ilallah
Jumlah                                 20 sks
5.       Tenaga pengajar /dosen
Tenaga pengajar adalah para ustazh yang ahli dalam bidangnya, mereka adalah
·         Ust. Faisal abdul rahman Lc. (Alumnus fakultas Syariah Lipia Jakarta)
·         Ust.H.Muhammad elvi syam Lc.MA. (Alumnus universitas Islam Madinah fakultas hadist dan dirasah Islamiyah) dan S2 jurusan tafsir hadis IAIN Imam bonjol Padang.
·         Ust.Ade agustian Lc. (Alumnus fakultas Ushuluddin –jurusan Hadist  universitas Azhar mesir)  
·         Ust. Zul Asri Rusli. ( penemu metode basmalah , metode baca alquran )
·         Ahmad al’id  (Ust dari mesir)
6.       Fasilitas
ü  Tenaga pengajar alumni timur tengah seperti : universitas madinah, lipia , Al-Azhar
ü  beasiswa untuk seluruh mahasiswa sampai tamat (bebas SPP)

7.       Waktu belajar dan lokasi belajar
Adapun waktu belajar adalah pagi mulai hari Senen sampai Kamis jam 8.00 sampai zuhur dengan durasi 5 jam pelajaran dalam sehari.
Sedangkan lokasi belajar : Masjid Baitul Ihsan Sawahan dalam V. Adapun untuk sekretariat Ma’had adalah gedung yayasan darel –Iman .jalan sawahan dalam V no 3.

8.       Waktu pendaftaran, syarat-syaratnya , tet masuk  dan mulai belajar.
·         Adapun pendaftaran dimulai dari tanggal 28 februari 2011  sampai dengan 21 maret 2011.
·         Syarat pendaftaran.
ü  Berijazah minimal SLTA/sederajat.
ü  Khusus laki-laki.
ü  Fhoto copi sim/KTP/Paspor
ü  Mengisi formulir yang telah disediakan.
ü  Mengikuti test lisan dan tulisan
ü  Mempunyai dasar Bahasa Arab.
ü  Lulus test lisan dan tulisan.
ü  Membayar biaya pendaftaran 50.000.
ü  Rekomendasi salah satu organisasi atau sekolah.atau Ustaz yang dikenal.
ü  Bersedia mengikuti studi sampai selesai.
·         Test masuk. Diadakan tanggal 21 maret 2011 bertempat di yayasan darel Iman jalan sawahan dalam V no 3.telp.075123541 – atau contac HP.081363036179.
·         Mahasiswa terbatas (20) orang.
·         Mulai belajar tanggal 4 April 2011.

9.       Anggaran dana yang dibutuhkan
Adapun anggaran dana yang dibutuhkan dalam tadribud- duat dalam 1 bulan ini adalah sebagai berikut :



1.
Honor 5  orang Ust. 5  x 1.200.000
         6.000.000
2.
Biaya spanduk 3 m x 40.000  (kondisional)            
             120.000
3.
Biaya pamplet dan brosur 2 rim (kondisional)
             400.000
4.
Biaya administrasi surat menyurat
             100.000
5.
Biaya pembuatan stempel ( kondisional)              
             100.000
6.
Biaya komsumsi untuk satu bulan 
             300.000
7.
Honor tenaga administrasi 500.000
             800.000
8.
Biaya sewa gedung 500 ribu/bulan
             500.000
9.
Tunjangan mudir ma’had
             300.000

Total jumlah                          
          8.620.000

 Apabila dikurangi dengan  biaya kondisional, maka dana yang dibutuhkan dalam 1 bulan adalah 8.000.000. (delapan juta rupiah)
Jadi dana yang dibutuhkan setiap bulan adalah 8.000.000. (delapan juta rupiah)











10.   Penutup
Demikianlah proposal singkat tadribud duat, kami sangat mengharapkan partisipasi kaum muslimin/muslimat berupa infaq, sedekah,hibah. Kami yakin dan percaya bahwa kegiatan ini Insya Allah akan terselenggara dengan partisipasi yang bapak/Ibu berikan. Semoga Allah akan membalasi amal yang kita lakukan dengan balasan yang berlipat ganda  Amin Ya robbal’alamin.

                                                        Padang 22 Februari 2011

 Pengurus Yayasan darel Iman                                   Mudir Ma’had Tadribud Duat.




Muhammad Elvi Syam Lc.MA                                     Faisal Abdur Rahman Lc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar